RSS
Tidak ada Yang Tidak Mungkin Untuk Orang Yang Mau Berusaha
Text Select Onion Kun

Senin, 29 November 2010

Menentukan IrisanHimpunan dengan BufferedReader pada Java

HIMPUNAN
Kita akan membuat program untuk membentuk suatu himpunan dengan menggunakan program java. Lalu kita akan menentukan irisan yang terjadi antara 2 himpunan yang kita input kan nilai masing – masing element nya.

LISTING :

import java.io.*;
class himpunan
{
public static void main(String[] args) throws Exception
{
BufferedReader input = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
System.out.print("Masukkan banyaknya himpunan A:");
int x = Integer.parseInt (input.readLine());
int himpA[] = new int [x];
for (int i=0; i
{
System.out.print("Masukkan elemen A ke-"+(i+1)+":");
String a = input.readLine();
himpA [i] = Integer.parseInt (a);
}
System.out.print ("A={");
for (int i=0; i
{
System.out.print (himpA [i]);
if (i != x-1)
System.out.print (",");
}
System.out.println ("}");
System.out.print("Masukkan banyaknya himpunan B:");
int y = Integer.parseInt (input.readLine());
int himpB[] = new int [y];
for (int j=0; j
{
System.out.print("Masukkan elemen B ke-"+(j+1)+":");
String B = input.readLine();
himpB [j] = Integer.parseInt (B);
}
System.out.print ("B={");
for (int j=0; j
{
System.out.print (himpB [j]);
if (j != y-1)
System.out.print (",");
}
System.out.println ("}");
int k=0;
int himpC [] = new int [100];
for (int i=0;i
{
for (int j=0;j
{
if (himpA [i]==himpB [j])
{
himpC [k]=himpA [i];
k=k+1;
}
}
}
System.out.print ("\n Irisannya = {");
for (int i=0;i
{
System.out.print (himpC [i]);
if (i!=k-1)
System.out.print (",");
}
System.out.println ("}");
}
}

LOGIKA PROGRAM :
1. Karena kita akan akan memanipulasi data dengan cara memasukan nilainya masing – masing maka kita menggunakan salah satu kelas input data, yaitu BufferedReader, dan BufferedReader berada dalam package java io, Karen itu kita menggunakan perintah “import java.io.*;”untuk mengimport BufferedReader tersebut
2. Menamakan nama kelas pada workbench java, pada listing diatas adalah “ himpunan”
3. Mmenuliskan method yang akan kita gunakan yaitu “public static void main(String[] args) throws Exception”
4. Mendeklarasikan suatu variable (dalam lsiting diatas dengan nama input)yang akan kita gunakan sebagai tempat penyimpanan data nantinya,dengan perintah “BufferedReader input = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in))”
5. Mencetak tulisan "Masukkan banyaknya himpunan A:", dengan perintah “System.out.print("Masukkan banyaknya himpunan A:");”
6. Mendeklarasikan variabel x sebagai tempat penyimpanan data untuk nilai “banyak himpunan A” yang sebelumnya disimpan dalam varibel input.Dengan perintah ”int x = Integer.parseInt (input.readLine());”
7. Mendelarasikan himpA dengan menggunakan aray, yang nilai nya berasal dari nilai yang telah disimpan dalam variabel x. Dengan perintah ”int himpA[] = new int [x];”
8. Mendeklarasikan variabel i sekaligus dengan beberapa ketentuan – ketentuan yang akan di eksekusi. Dengan perintah “for (int i=0; i
9. Statement yang akan dieksekusi jika statement for diatas masih terpenuhi adalah 1.”System.out.print("Masukkan elemen A ke-"+(i+1)+":");” karena nilai i awalnya 0 maka untuk nilai yang akan muncul harus ditambahkan 1 agar sesuai dengan nilai yang tadi kita masukan
2. String a = input.readLine();, mendeklrasikan variabel a dengan tipe data string yang akan menyimpan data yang telah kita masukan tadi.3. himpA [i] = Integer.parseInt (a);, artinya banyak nya aray dalam variabel himpA adalah sebanyak i, dengan nilai masing – masing berasal dari varibel a tadi,yang tadinya tempat penyimpanan nilai ”masukan element A ke“.
10. apabila nilai i yang kita masukan tidak lagi kurang dari nilai x yang kita masukan, maka statement for tidak akan lagi di eksekusi, statement yang akan di eksekusi adaalah 1. Menampilkan tulisan A={, dengan perintah ”System.out.print ("A={");”2. Membuat sebuah keadaan yang akan menampilkan element – element dari himpunan a dengan perintah “for (int i=0; i
11. jika statement for ini terpenuhi, maka statement yang akan dieksekusi adalah 1. Mecetak nilai dari himpunan A yang masing – masing tadi telah kita masukan dalam “ masukan element A ke –“ disini nilai tersebut akan dicetak, dengan perintah “System.out.print (himpA [i]);“ 2.jika nilai i tidak sama dengan nilai x yang tadi dikurangi satu, akan mencetak maka sebuah tanda koma (tanda koma digunakan untuk memisahkan nilai i yang satu dengan yang lain.
12. Setelah nilai i sudah tidak lagi kurang dari x, maka statement for tersebut tidak akan dieksekusi lagi, maka statement yang akan dieksekusi adalah statement pencetakan “}”.
13. Penjelasan untuk himpunan B adalah sama, hanya berbeda nama – nama variabel, karena jika nama variabel sama, tempat pnyimpan akan sama, dan data yang dieksekusi pun akan sama.
Untuk mempersingkat, kita langsung masuk kedalam logica dari listing irisan.
14. irisan adalah kumpulan dari element – element yang sama antara himpunan satu dengan himpunan yang lainnya. Berikut adalah logica nya:
15. mendeklarasikan nilai variabel k dengan nilai 0, “int k=0;”.
16. Mendeklarasikan variabel aray himpC dengan dengan memory sebnyak 100,” int himpC [] = new int [100];”.
17. Membuat suatu keadaan lagi, dengan perintah for, agar kedua variabel bisa kita bandingkan, ”for (int i=0;i18. jika statement tersebut sudah tidak terpenuhi, maka statement – statement berikutlah yang akan di eksekusi: 1.”System.out.print ("\n Irisannya = {");”, artinya akan mencetak tulisan “Irisannya = {“ 2.”Statement “for (int i=0;i
19. jika kondisi dari “for (int i=0;i
20. jika kondisi “for (int i=0;i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar