RSS
Tidak ada Yang Tidak Mungkin Untuk Orang Yang Mau Berusaha
Text Select Onion Kun

Sabtu, 17 Maret 2012

Bagaimana cara kerja MySQL

sebelum kita menggunakan MySQL,kita pertama  harus mengetahui bahwa aplikasi komputer berdasarkan arsitektur terkini terbagi atas :
  1. Aplikasi Client, yaitu sistem aplikasi dimana aplikasi tersebut bersifat stand alone (dapat berdiri sendiri)
  2. Aplikasi Client Server, yaitu dimana sistem terdiri atas beberapa aplikasi dan mereka saling tergantung satu dengan lainnya (tidak dapat berdiri sendiri).

    MySQL sendiri masuk kedalam katagori Client-Server 

Apa maksudnya aplikasi Client Server ?

Aplikasi Client - Server (sesuai namanya) memiliki dua aplikasi yaitu :
  • Server  : merupakan program yang biasanya berjalan sebagai background process atau proses di belakang layar sistem operasi. User biasanya tidak dapat berhubungan dengan server secara langsung, tetapi harus melalui aplikasi client.
  • Client : merupakan aplikasi / program yang memiliki user interface (antar muka) seperti terminal / command prompt, tombol, kotak teks, menu toolbar, dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi selama ini yang kita kenal pada masa awal perkenalan komputer seperti Microsoft Office (Word, Excel, Access, PowerPoint),  Winamp, dan lain-lain, adalah aplikasi client karena kita langsung dapat berinteraksi dengannya.

Sedangkan aplikasi server seperti Internet Information Service (IIS) web server, mail server, ftp, dan lain-lain, biasanya tidak dapat kita berinteraksi langsung kecuali dengan aplikasi lain.

Contoh penggunaan aplikasi server paling terkenal mungkin adalah aplikasi mail server. 

Kalau kita berlangganan internet dari suatu ISP tertentu biasanya mendapatkan account email. Email ini biasanya disimpan dan dikenali oleh mail server. 

Untuk mengambil dan mengirim email dari account kita, kita menggunakan mail client. Salah satu aplikasi mail client terkenal adalah Microsoft Outlook. 


embagian Client berdasarkan user interfacenya ini biasanya terbagi atas 2 yaitu :
Command Line User Interface (CLI) : yaitu pengguna menjalankan aplikasi dengan mengirim perintah (command) berupa teks.
Berikut adalah gambar penggunaan CLI MySQL pada sistem operasi Windows XP Professional.



Graphical User Interface (GUI) : yaitu pengguna menjalankan aplikasi dengan command dalam bentuk interaksi grafis seperti menekan tombol, membuka menu pulldown, dan seterusnya.

Berikut adalah gambar penggunaan salah satu GUI client MySQL pada sistem operasi Windows XP Professional. 
Kita akan menggunakan app sqlyog
SQLyog adalah aplikasi client MySQL yang sangat populer digunakan oleh user yang ada di Indonesia. Kelebihan aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna melakukan administrasi maupun melakukan pengolahan data MySQL. jadi kita akan lebih mudah menggunakannya terurama untuk pemula sekalipun
Versi aplikasi ini ada yang gratis dan open source dan ada yang berbayar. 



Berikut adalah contoh penggunaan koneksi ke host MySQL dan melihat objek-objek database yang ada dengan mudah :
  • Jalankan SQLyog.
  • Jika ada komentar "Upgrade to Professional/Enterprise/Ultimate edition now", klik tombol "Continue..." saja.
  • Pada dialog "Connect to MySQL host" klik tombol "New", namakan koneksi tersebut misalkan dengan "localhost"
  • Masukkan rincian koneksi dan klik tombol "Connect"


Jika koneksi berhasil akan muncul layar kerja seperti gambar di bawah ini dengan panel kiri adalah bagian "Object Browser" yang berisi daftar informasi dari semua objek database kita.

kemudian Klik pada salah satu table dari database kita, kemudian klik tab "Table Data" pada panel kanan bawah. Row-row data dari table tersebut akan segera terbaca.
kemudian untuk mengeksekusi  query di panel kanan atas, tekan F9 (Execute) dan hasilnya dapat dilihat di panel kanan bawah. 




Dengan kemudahan penggunaan utilitas SQLyog ini dan sifatnya yang free open source, maka penulis akan banyak menggunakan utilitas ini dalam menyajikan contoh-contoh tutorial MySQL. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. 

sumber : SQLyogcommunity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar